Kumpulan Jadi WNI Cukup Lewat Online

 

Kabar baik guna warga negara asing (WNA) yang hendak menjadi penduduk negara Indonesia (WNI). Karena Pendaftaran kewarganegaraan dapat dilakukan dimana saja. Karena ketika ini sistemnya telah secara online.

Seiring terjadinya dinamika pergaulan antar bangsa yang kian terbuka dewasa ini, anda tidak dapat memberi batas pergaulan antar warga yang bertolak belakang kewarganegaraannya. Sering terjadi pula perkawinan gabungan yang melibatkan kedudukan kewarganegaraan yang berbeda-beda antara pasangan suami istri. Terlepas dari perbedaan sistem kewarganegaraan yang dianut oleh setiap negara asal pasangan suami istri tersebut, hubungan hukum antara suami istri yang menggelar perkawinan gabungan seperti tersebut selalu akan memunculkan persoalan berkaitan dengan kedudukan kewarganegaraan putera-puteri yang mereka lahirkan.

Perempuan WNI yang hendak mempertahankan Kewarganegaraannya dapat mengemukakan Surat Pernyataan kemauan tetap berkewarganegaraan Indonesia untuk Pejabat atau Perwakilan Republik Indonesia yang berwenang di lokasi tinggal pihak suami WNA. Surat pengakuan tersebut dikemukakan perempuan WNI sesudah tiga tahun semenjak tanggal perkawinan dilangsungkan [pasal 26 ayat (4) UU Kewarganegaraan].

Perlu diacuhkan bahwa pengusulan tersebut tidak boleh menyebabkan WNI menjadi berkewarganegaraan ganda (bipatride). WNI itu harus mencungkil status kewarganegaraan yang diperoleh dari perkawinan gabungan tersebut, barulah lantas WNI dapat mengemukakan Surat Keterangan Jalan WNA

Hal ini sesudah diberlakukannya Permenkumham Nomor 47 Tahun 2016 mengenai Tata Cara Penyampaian Permohonan Kewarganegaraan Republik Indonesia Secara Elektronik. Sehingga ketika ini sistem pencatatan sudah dapat dilaksanakan secara online. “Pendaftaran kewarganegaraan dapat dilaksanakan oleh Warga Negara Asing yang hendak mengajukan Kewarganegaraan Indonesia,” kata Direktur Tata Negara Ditjen AHU, Kartiko Nurin Tyas dalam acara sosialisasi Layanan Kewarganegaraan di Hotel Harris pagi ini (5/4).

Aplikasi tersebut mempunyai nama Aplikasi Sistem Administrasi Kewarganegaraan Elektronik atau lebih dikenal dengan nama Aplikasi “SAKE”. Dimana software ini memberikan fasilitas akses untuk pemohon dan menyerahkan kepastian pelayanan. Dengan Sistem Online ini pemohon akan memahami proses dan perkiraan waktu selesainya dokumen. Terutama bersangkutan perkiraan waktu (pengurusan dokumen) dan eksistensi dokumen. Meskipun memakai Sistem Online kriteria yang mesti disertakan oleh pemohon sama dengan saat mengajukan secara manual. “Karena seluruh dokumen bakal diverifikasi lagi,” jelas Kartiko.

Dalam acara tersebut, Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Mustiqo Vitra menjelaskan sebab sifatnya yang borderless, WNI yang sedang di luar negeri pun dapat melakukan pendaftaran. Sehingga, diinginkan dengan adanya software ini hubungan hukum antara suami istri yang menggelar perkawinan campuran dapat jelas. “Sehingga besok tidak akan memunculkan persoalan berkaitan dengan kedudukan kewarganegaraan putera-puteri yang mereka lahirkan,” imbuh Mustiqo. (Humas Kanwil Jatim)

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Mame HP/whatsapp Simpati : +6282114441424

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau dapat menghubungi kami via :

Email: jangkargroups@gmail.com
Telegram : t.me/jangkargroups
Twitter:@fauzimanpower
FB: pt jangkar global groups
Instagram : jangkargroups
Google Playstore : jangkarapps
Google Plus : Akhmad Fauzi Manpower
Youtube : jangkar tv
Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *